Drumband SD Dewi Sartika

Drumband SD Dewi Sartika
Dumband SD Dewi Sartika

Rabu, 26 Februari 2014

RUMUS MENCARI SKALA, MENENTUKAN JARAK SEBENARNYA DAN JARAK PADA PETA

Halo teman – teman aku ingin melanjutkan bab mengenai BILANGAN REAL ( RIIL ) nih, Yaitu mengenai skala, setelah sebelumnya kita membahas mengenai perbandingan senilai dan berbalik nilai, maka bab selanjutnya adalah SKALA.


SKALA sudah diajarkan sejak SD sebenarnya akan tetapi masih banyak yang bingung, nah disini aku akan mencoba menjelaskan mengenai skala dengan cara yang mudah, dan akan aku sertakan rumusnya bagaimana mencari skala, jarak sebenarnya, dan juga tak lupa jarak pada peta. Oke langsung saja, ayo kita simak.


PENGERTIAN “SKALA”
SKALA adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya ( sesungguhnya ).


Nah, berikut ini rumus mencari skala :





Contoh soal mencari skala :





Itu adalah rumus jika mencari skala,,, bagaimanana jika mencara jarak sebenarnya atapun jarak pada peta?? Bingung tidak? Kalau masih bingung, ini aku berikan rumusnya sekalian, agar lebih mudah untuk teman – teman jika menemukan soal mengenai skala.
rumus mencari jarak sebenarnya :





rumus diatas merupakan rumus bagaimana mencari jarak sebenarnya jika yang diketahui adalah skala dan jarak pada peta, akan tetapi jangan lupa, jarak sebenarnya itu satuan bakunya “KM” atau kilometer, jadi jangan bingung bila teman – teman menemukan hasil penghitungan teman – teman sangat banyak, itu karena satuannya mungkin belum teman – teman jadikan dalam satuan KM,
contoh soal mencari jarak sebenarnya :





rumus mencari jarak pada peta :





Rumus tersebut merupakan rumus mencari jarak pada peta jika yang diketahui hanya jarak sebenarnya dan skala, perlu ditekankan sekali lagi bahwa jarak sebenarnya itu satuan bakunya adalah “KM”, jadi sebelum teman - teman mengerjakan menggunakan rumus tersebut, pastikan dahulu bahwa jarak sebenarnya sudah teman - teman jadikan dalam bentuk “CM”, kecuali jika jika jarak pada peta ditentukan menggunakan satuan yang lainnya, misalkan “MM”.



Contoh soal:


nah, bagaimana teman, bagaimana penjelasanku menengenai skala? sudah faham kan?
sekian dulu ya pertemuan kita kali ini, kapan - kapan aku sambung lagi,,
bye :D


7 komentar: